Home · Hotel · Travelling · Campus ·

Sejarah Kampus Kami Politeknik "API" Yogyakarta

Sejarah POLITEKNIK "API" Yogyakarta 






 Yayasan Perguruan Dharma Pala pada tanggal 10 Maret 1971 mendirikan pendidikan tinggi dengan nama Akademi Kepariwisataan Indonesia (AKI), lokasi di Jl. Jati  Yogyakarta. Sejak tanggal 19 Desember 1983 AKI bernaung di bawah Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V Yogyakarta. Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 0355/0/1983 tanggal 25 Agustus 1983 mendapat Status Terdaftar. 

  Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 042/0/1985 tertanggal 25 Januari 1985 Akademi Kepariwisataan Indonesia (AKI) diganti nama menjadi Akademi Pariwisata Indonesia dengan singkatan API dan memiliki dua jurusan, yakni Jurusan Perhotelan dan Jurusan Bina Wisata. Mulai tahun akademik 1985/1986 API menempati Kampus baru milik sendiri di Jl. Wisata Babarsari TB. XV/15 Yogyakarta.Dengan Surat Keputusan Mendikbud No. 0718/0/1990 tanggal 11 Desember 1990 API memperoleh status DIAKUI. 

 Berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti No. 40/DIKTI/KEP/1995 tertanggal 14 Pebruari 1995 Akademi Pariwisata Indonesia (API) memperoleh status tertinggi, yakni Disamakan. Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 01/D/0/1997 tertanggal 13 Januari 1997 Akademi Pariwisata Indonesia (API) berkembang menjadi Politeknik API Yogyakarta dengan menambah dua jurusan baru, yakni : Jurusan Perpajakan dan Jurusan Teknik Telekomunikasi. Politeknik API Yogyakarta mempunyai tiga jurusan, yaitu Jurusan : Perhotelan, Bina Wisata, dan Perpajakan. Pada tahun 2004 semua program studi telah berstatus Terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional

:Program Studi Bina Wisata : No. SK 004/BAN-PT/Ak -X/Dpl-III/VI/2010 
Program Studi Perhotelan : No. SK 001/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/IV/2010
Program Studi Perpajakan : No. SK 004/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/VI/2010
Politeknik API Yogyakarta sejak berdirinya telah dipimpin oleh beberapa orang Direktur :
          i.            Periode 1971 1980 Drs. Sukirdjo
        ii.            Periode 1980 1982 Dra. Martin Barriyanti
      iii.             Periode 1982 1994 Drs. Subarto Hutoyo
      iv.            Periode 1994 1997 Drs. Widjihardjo BP.
        v.            Periode 1997 2001 Drs. Widjihardjo BP.
      vi.            Periode 2001 2005 Dra. MI. Sri Murniati, M.Hum.
    vii.             Periode 2005 2009 Drs. Wardiyanta, M.Hum.
  viii.            Periode 2009 2013 Drs. Wardiyanta, M.Hum. 

Politeknik API memiliki VISI dan MISI antara lain yaitu: 
VISI
1. Menjadi Lembaga Pendidikan yang Profesional, Unggul dan Terpercaya. 

MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis kompetensi
2. Menyiapakan peserta didik yang berkualitas dan mampu bersaing
3. Menggembangkan jaringan kerja sama agar lebih inofatif dalam menghadapi kompetisi global 
TUJUAN 
1. Meningkatkan jalinan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan swasta baik dalam maupun luar negeri.
2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mandiri sesuai dengan kebutuhan masyarakat 


info kampus bisa dilihat di www,poltekapi.ac.id dan bisa datang langsung ke jalan wisata babarsari TB XV/15 Yogyakarta. eitss bisa telfon juga ke (0274) 485 554 atau Fax ke (0274) 485 275 

Artikel keren lainnya:

Tujuan Dan Fungsi Front Office (Kantor Depan)

Front Office

Kantor depan (front office) adalah cermin dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu saat memasuki hotel.  Oleh sebab itu, bagian ini merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan hotel.

Tujuan kantor depan antara lain adalah:
  1.  Meningkatkan tingkat hunian kamar
  2. Meningkatkan jumlah tamu langganan
  3. Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu dengan baik, tepat dan cepat.
  4. Membentuk citra hotel positif

Kantor depan memiliki fungsi sebagai berikut:
  1. Menjual kamar
  2. Memberikan informasi tentang seluruh produk hotel
  3. Mengkoordinasikan ke bagian lain yang terkait.
  4. Melaporkan status kamar terkini
  5. Mencatat, memeriksa pembayaran tamu
  6. Membuat laporan
  7. Memberikan pelayanan telekomunikasi
  8. Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
  9. Menyelesaikan keluhan tamu
Atribut kepribadian seorang petugas kantor depan:
  1. Mempunyai pengetahuan yang baik tentang produk hotel
  2. Berpenampilan yang baik dan rapi
  3. Mempunyai keahlian yang baik
  4. Dapat dipercaya
  5. Mampu berdiplomasi
  6. Berinisiatif
  7. Berkelakuan baik
  8. Mempunyai kemauan yang besar dalam pelayanan

Sumber: Suwithi, Ni Wayan. Akomodasi Perhotelan Jilid 1. 2008. Dit.PSMK. Jakarta

Artikel keren lainnya:

Pengertian Tamu Hotel Dan Jenis-jenis Tamu Hotel

Tamu Hotel
Tamu Hotel
Tamu adalah bagian yang tak terpisahkan dari sebuah usaha hotel.  Oleh karena itu, seorang tamu layak mengharapkan dan mendapatkan pelayanan yang profesional dari sebuah hotel.  Setiap tamu ingin memperoleh sesuatu yang melebihi nilai yang diharapkannya dari harga yang mereka bayar.  Untuk itu seorang resepsionist jangan sampai membuat tamu memiliki kesan bahwa harga yang mereka bayar tidak sepadan dengan pelayanan yang mereka peroleh.
Umumnya jenis-jenis tamu yang menginap di suatu hotel dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Domestic Tourist
Yaitu wisatawan lokal/daerah dimana dia tinggal/menginap pada suatu hotel, misalnya pada waktu weekend, special function dan atau untuk aktivitas lain.

FITs (Free Independent Travellers)
Yaitu wisatawan internasional yang melakukan perjalanan secara individual dan tidak terikat dalam suatu rombongan/grup.  Biasanya jenis tamu FITs melakukan reservasi kamar secara langsung ke hotel dan umumnya hanya memesan kamar (room only).

GITs (Group Inclusive Tours)
Yaitu rombongan wisatawan yang melakukan perjalanan secara bersamaan dalam suatu package tour.  Biasanya tamu jenis ini melakukan perjalanan dengan perantara travel agent. 

SITs (Special Interest Tours)
Yaitu suatu rombongan yang berkunjung ke suatu tempat, biasanya dengan tujuan khusus seperti mengunjungi candi Borobudur dan sebagainya.

CIPs (Commercially Important Persons)
Yaitu para tamu atau executive dari suatu perusahaan besar yang selalu bepergian dan menginap di hotel mewah.  Biasanya reservasi kamarnya dilakukan oleh sekretaris atau asistennya.

SPATTs (Special Attention Guests)
Yaitu tamu-tamu yang membutuhkan perhatian lebih/khusus, seperti tamu yang sudah tinggal lama dalam sebuah hotel, tamu yang sakit, tamu yang sudah lanjut usia, tamu cacat, dan lain sebagainya.

VIPs (Very Important Persons)
Yaitu tamu-tamu yang dianggap penting dalam sebuah hotel, seperti selebritis, tamu yang menginap di kamar mahal, para pejabat pemerintahan, pimpinan perusahaan, langganan tetap dan lain sebagainya.

Regular Guest
Yaitu tamu biasa yang menginap di sebuah hotel.  Umumnya tamu tersebut menginap pada sebuah hotel tanpa membuat reservasi terlebih dulu. Regular guest sering disebut Walking guest.

Walaupun ada perbedaan istilah jenis tamu, seperti yang diuraikan di atas bukan berarti untuk membedakan perlakuan dalam melayani tamu.  Setiap tamu yang datang untuk check in ke hotel layak untuk mendapatkan pelayanan prima oleh pihak hotel.  Setiap tamu adalah istimewa ( every guest is special one )




Sumber:
Agusnawar. Resepsionis Hotel.2004. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Artikel keren lainnya: